Berita Terbaru :

Monday, July 4, 2011

ikan air tawar

Jenis ikan air tawar antara lain:
- Ikan patin

Ikan Patin merupakan jenis ikan air tawar untuk konsumsi, ikan yang memilki nama latin Pangasius Sutchi merupakan ikan yang sangat populer untuk dibudidayakan oleh para petani ikan. Ikan patin memiliki tubuh agak panjang dan berbadan putih keperak-perakan dengan punggung berwarna gelap,ikan ini memiliki kepala relatif kecil dibandingkan dengan besar tubuhnya, dan bagian mulut terlihat ciri-ciri ikan golongan catfish yaitu letak mulut terletak diujung kepala agak sebelah bawah, dan pada bagian mulut terdapat dua kumis pendek yang mempunyai fungsi sebagai peraba, yang memungkinkan ikan patin bergerak pada keadaan gelap.

- Ikan nila


Ikan nila adalah jenis ikan konsumsi perairan tawar, ikan ini bukan asli dari Indonesia tetapi berasal dari Afrika yang diperkirakan masuk dan diperkenalkan sekitar tahun 1969. Nama ilmiah dari  ikan nila adalah Oreochromis nilocitus, dari bentuk tubuhnya ikan nila memiliki tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan mujair memiliki garis garis putih vertikal pada sirip ekornya dan punggungnya. Ikan nila ikan yang dapat hidup pada perairan air hangat dan merupakan ikan pemakan segala atau omnivora, dikarenakan ikan ini merupakan pemakan plankton dan pemakan tumbuhan.

- Ikan lele


Ikan Lele adalah satu jenis ikan yang hidup di air tawar ikan, kita dapat dengan mudah mengenali ikan yang satu ini, ikan yang termasuk dalam marga Clarias ini dapat kita kenali dengan bentuk tubuh yang licin memanjang serta sungut yang ada didibagian mulutnya, dan tidak memiliki sisik pada tubuhnya. Ikan lele memiliki bagian kepala yang keras ikan lele memiliki kemampuan untuk bergerak didalam air yang gelap ini dikarenakan ikan lele mempunyai 4 sungut yang dapat berfungsi sebagai peraba, ini mejadikan ikan lele sebagai, lele juga mempunya tambahan alat pernafasan yang biasa kita kenal dengan patil yakni duri tulang yang berada pada sirip dadanya.
- Ikan mas

Ikan mas adalah satu ikan air tawar yang mempunya nilai jual yang cukup tinggi, dikarenakan ikan ini sangat diminati oleh banyak kalangan masyarakat. Ikan Mas atau ikan karper dengan nama latin Cyprinus Carpio ikan yang berasal dari daratan eropa dan tiongkok yang kemudian mejadi ikan tawar yang populer untuk dibudidayakan oleh para petani ikan Indonesia. Dilihat dari bentuk ikan mas memiliki tubuh yang memanjang dan pipih, dibagian depan mulut terdapat dua sungut yang berukuran kecil. Ikan mas menyukai perairan yang airnya tidak tertalu dalam dan terlalu deras alirannya, dihabitat aslinya ikan mas bayak ditemui di pinggiran sungai atau danau dan ikan mas tergolong ikan omnivora atau pemakan tumbuhan dan binatang kecil.
- Ikan bawal

Ikan air tawar yang paling sering untuk dibudidayakan salah satunya adalah ikan bawal, ikan dengan bentuk tubuh pipih dan agak bulat disertai dengan warna kulit yang keperak-perakan dengan nama latin colossoma macropomum.
- Ikan gurame

Ikan gurame atau gurami dengan nama latin Osphronemus goramy adalah ikan yang memiliki pertumbuhan agak lebih lambat, ikan gurame merupakan salah satu ikan air tawar yang cukup populer dikalangan para petani ikan kepopulerannya ini karena ikan air tawar yang satu cukup diminati sebagai ikan untuk konsumsi.
Ikan gurame mempunyai bentuk badan yang lebar dan pipih, dan panjang tubuh yang bisa mencapai dua kali lipat tinggi tubuhnya.

No comments:

Post a Comment